iklan

Tentang Literasi


Mungkin diantara kita sering mendengan jargon SALAM LITERASI atau ada juga yang mungkin pernah mendengar berita bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk kurang literasi. Bagi sebagian masyarakat ada yang sudah paham apa itu literasi namun bagi sebagian justru masih awam dengan literasi. Jika kalian merupakan termasuk pada kategori masyarakat yang masih awam dengan literasi, maka teruslah membaca artikel ini karena kami akan menjelaskan apa itu literasi, jenis literasi, tujuan literasi, manfaat literasi hingga contoh contohnya.

Oughey, check this out !!!



Pengertian Literasi

Literasi merukan sebuah kemampuan seseorang dalam memahami informasi serta mengolahnya saat melakukan baca atau tulis. Namun, seiring perkembangan zaman pengertian literasi itu sendiri terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Maka dari itu, pengertian dari literasi itu sendiri menjadi variatif bahkan memiliki banyak bagiannya. Diantara bagian bagian literasi itu sendiri diantaranya adalah Literasi Media, literasi Sains, Literasi Komputer, Literasi Sekolah dan lain lain.


Namun, pada hakikatnya ber-literasi itu sendiri semuanya diringkas dalam memahami, menggunakan, menganalisa serta memetaformasi teks. Dengan demikian, literasi bukan hanya sekedar merujuk pada kompetensi membaca dan menulis saja. Secara etimologis, Literasi berasal dari bahasa latin yaitu “Literatur” yang artinya adalah orang yang belajar. Namun apapun pengebangan dari pengertian literasi itu sendiri merupakan kemampuan perorangan untuk menggunakan segenap potensi dan kemampuan yang dimilikinya.



Tujuan Literasi

Tujuan dari literasi itu sendiri diantaranya adalah :

  • -          Memberikan kekuatan untuk penilaian diri
  • -          Menumbuhkan akhlak yang baik
  • -          Kritis pada karya tulis
  • -          Mampu mengembangkan budaya literasi di lingkungan
  • -          Efektifitas waktu
  • -          Meningkatkan pengetahuan
  • -          Meningkatkan pemahaman dalam mengambil inti dari suatu bacaan


Manfaat Literasi

Adapun beberapa manfaat dari literasi itu sendiri diantaranya adalah

  • -          Melatih menulis dan juga merangkai kata kata
  • -          Menambah kosa kata
  • -          Latihan fokus dan konsentrasi
  • -          Melatih otak bekerja secara optimal
  • -          Mampu mempertajam diri dalam menangkap makna dari sebuah informasi
  • -          Melatih kemampuan berpikir dan juga menganalisa
  • -          Menambah wawasan


Jenis Literasi

Sedangkan jenis jenis dari literasi itu sendiri secara umum dibagi menjadi beberapa, diantaranya adalah :

1.       Literasi Dasar

Merupakan kemampuan dasar dalam membaca, menulis dan mendengar serta menghitung yang bertujuan untuk mengoptimalkan kemampuan tersebut.

2.       Literasi Perpustakaan

Merupakan kemampuan dalam memilah karya tulis fiksi atau non fiksi. Bahkan lebih dari itu seperti memahami cara cara menggunakan katalog dan indeks serta membedakan karya tulis.

3.      Literasi Media

Merupakan kemampuan dalam memahami berbagai macam media yang ada saat ini seperti media elektronik, media cetak, internet dan lain sebagainya bahkan hingga cara menggunakan media media tersebut.

4.      Literasi Teknologi

Merupakan kemampuan untuk mengetahui dan memahami berbagai hal yang berhubungan dengan teknologi. Bahkan bukan hanya itu, literasi teknologi ini juga harus mampu memahami etika dalam berteknologi.

5.      Literasi Visual

Merupakan pemahaman dalam mempersentasiakn informasi dari bentuk visual seperti video atau gambar.


Jenis Jenis Literasi

Setidaknya ada 6 jenis literasi yang wajib diketahui yang mengacu pada Gerakan Literasi Nasional, diantara adalah :

1.       Literasi Baca Tulis

Merupakan kemampuan untuk membaca, menulis, menelusuri, mengolah serta memahami berbagai macam informasi serta menganalisanya, sehingga mampu berperan penting di dalam hidup bermasyarakat.

2.      Literasi Numerasi

Merupakan kemampuan dalam mengkomunikasikan berbagai macam simbol matematika dan angka, sehingga dapat dengan mudah memecahkan masalah baik itu dalam bentuk grafik, tabel, bagan dan lain sebagainya.

3.     Literasi Sains

Merupakan pemahaman dalam kecakapan ilmu pengetahuan sehingga mampu secara praktis untuk memecahkan pertanyaan tentang pengetahuan baru secara ilmiah. Dengan demikian kesadaran akan tumbuhnya intelektualitas akan sangat tinggi sehingga secara personal akan lebih peduli terhadap isu isu yang bersifat sains.

4.     Literasi Digital

Merupakan pemahaman terhadap kecakapan dalam menggunakan media digital dan alat alat komunikasi serta mampu memanfaatkannya secara bijaksana, sehat dan cerdas.

5.    Literasi Finansial

Merupakan kemampuan dalam mengaplikasikan pemahaman atas sebuah konsep dan risikonya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan baik secara individu ataupun sosial.

6.      Literasi Budaya

Merupakan pemahaman akan prilaku terhadap kebudayaan khususnya kebudayaan Indonesia, umumnya kebudayaan diberbagai belahan dunia. Dengan memahami akan budaya tersebut diharapkan mampu memenuhi hak dan kewajiban sebagai warga negara.


Untuk informasi tentang Review Buku, silahkan untuk mengklik tautan dibawah :

Review Buku Menggunakan Fishbone, AIH Dan Y-Chart

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar