iklan

Prakarya - Aspek : Rekayasa || Mendalami Materi Digital Tentang Blog

Blog merupakan media online yang berisi konten artikel, foto, video dan juga dokumen. Penulis blog itu sendiri disebut dengan Blogger. Topik topik yang dibuat untuk mengisi konten blog bisa berupa gaya hidup, keuangan, kesehatan, teknologi, wisata, kuliner, trik, tips, pendidikan dan lain lain. Blog bisa dikelola oleh perorangan dan bisa juga dikelola oleh bisnis yang mana memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan di era digital. Contohnya : sebagai media branding, promosi produk, publikasi bahkan hingga kampanye dan lain lain.

Perbedaan Blog dan Website

Website

Website merupakan halaman online yang dapat diakses menggunakan internet dengan menggunakan domain tertentu. Dari segi kepemilikannya, webiste digunakan untuk kebutuhan sekolah, organisasi, lembaga, bisnis, profile perusahaan dan lain sebagainya.

Blog

Sedangkan Blog salah satu jenis website yang berisi konten artikel dimana isinya bisa berupa pengalamn pribadi, opini dan informasi ilmu pengetahuan. Dari segi kepemilikannya, blog banyak dimiliki oleh perorangan. Tapi bukan tidak mungkin dimiliki juga oleh perusahaan, bisnis hingga lembaga untuk media promosi dan strategi marketing.

Struktur Blog

Tampilan serta tatanan struktur dari blog sangat beragam. Walaupun pada umumnya terdiri dari beberapa kompenen seperti berikut :

Komponennya terdiri dari :

Header : Merupakan bagian atas halaman blog yang berisi Judul, Deskripsi dan Menu yang ada di blog.

Navbar : Merupakan menu untuk membantu pengunjung agar dengan mudah memilih konten yang ada di blog.

Main blog : Merupakan bagian yang isinya postingan blog. Pada bagian ini terdapat struktur baik itu judul, tanggal, penulis, komentar dan lain sebagainya walaupun tetap bisa disetting oleh blogger untuk dimunculkan ataupun tidak mebikuti jenis tema yang dipakai.

Sidebar : Merupakan bagian samping pada blog yang isinya rekomendasi artikel, widget, iklan dan berbagai informasi tambahan lainnya.

Footer  : Merupakan bagian bawah pada blog yang isinya berupa informasi penulis baik itu kontak, subcription form dan juga alamat email atu medsos.

Sejarah Blog dan Perkembangannya

1994       : Blog mulai dipopulerkan yang diprakarsai olwh Justin Hill yang membuat jurnal pribadi. Walaupun laman tersebut masih polos dan hanya berupa background berwarna putih saja.

1997       :  Mulai muncul istikah weblog yang dipekenalkan oleh John Barger. Pada fase ini, konsep blog sudah mulai rapi sehingga pengunjung dapat membaca postingan dari yang terbaru hingga yang terlama.

1999       : Merupakan tahun lahirnya nama Blog yang ditenarkan oleh Peter Merholz. Dan ditahun ini pula platform seperti LiveJournal, Blogger dan Xanga muncul.

2001       : Bapak Blogger Nasional yaitu Enda Nasution memperkenalkan Blog di Nusantara. Bahkan tanggal 27 Oktober 2007 diperingati sebagai Hari Blogger Nasional.

2003       : Google mengakuisisi Platform Google, bahkan hingga terlahirlah kompetitor dari Blogger yaitu Wordpress.

Manfaat Dan Fungsi Blog

-  Sebagai Sarana Publikasi

-  Sebagai Portofolio Online

-  Sarana Branding

-  Mempromosikan Produk ataupun Jasa

Jenis Blog Yang Sering Ditemukan

-  Blog Pribadi

-  Blog Profesional

-  Blog Bisnis atau Perusahaan (Content Marketing)

Yang Dibutuhkan Pada Saat Membuat Blog

1.    Menentukan Platform

-         - WordPress.org

-       - WordPress.com

-       - Blogger


2.    Pilih Niche Blog

Niche blog merupakan topik atau tema yang dibahas pada blog. Misalnya tentang pendidikan, teknologi, travel, kuliner, kecantikan dan lain sebagainya.


3.    Menyiapkan Konten

Siapkan konten yang menarik, unik dan natural sehingga penggunjung merasa nyaman beralama lama berada diblog kita.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar