Bapak/Ibu guru, pada tahap sebelumnya
Bapak/Ibu guru telah mengeksplorasi prinsip UbD dalam merancang
pembelajaran. Pada tahap ini, siapkan
salah satu perencanaan pembelajaran (RPP/modul ajar) yang Bapak/Ibu
guru miliki. Ajaklah
teman sejawat/kepala sekolah/pengawas untuk menelaah rancangan
pembelajarannya dengan mengisi
rubrik checklist. Rubrik ini memandu Bapak/Ibu
guru dalam merefleksikan perencanaan pembelajaran
dengan pendekatan UbD. Dengan demikian, Bapak/Ibu
guru dapat mengetahui sejauh mana perencanaan pembelajaran tersebut relevan dengan prinsip UbD.
Tabel 1.2 Rubrik Checklist Perancangan Pembelajaran dengan Prinsip UbD
Item Pernyataan |
Sudah |
Belum |
|
Langkah 1. Menentukan Tujuan
Pembelajaran |
|
||
Saya
mengidentifikasi sasaran pembelajaran dan fokus pada pemahaman konsep yang
mendalam dan penerapan pengetahuan dalam konteks
nyata. |
Ö |
|
|
Saya menentukan pemahaman utama yang mencakup inti dari pembelajaran dan evaluasi pemahaman peserta didik. |
Ö |
|
|
Saya
mengidentifikasi kemampuan penting yang fokus pada keterampilan yang relevan dengan konten pembelajaran dan dapat diterapkan di kehidupan nyata. |
Ö |
|
|
Saya merumuskan pertanyaan esensial yang
mendorong peserta didik untuk menjelajahi konsep-konsep
dan merumuskan pemahaman mereka
sendiri. |
Ö |
|
|
Saya menentukan kriteria keberhasilan capaian
pembelajaran. |
Ö |
|
Saya merumuskan tujuan pembelajaran dalam
berbagai kategori kemampuan peserta didik. |
Ö |
|
|
Langkah 2. Menentukan Asesmen Pembelajaran |
|
||
Saya mengidentifikasi bukti kinerja atau produk yang dapat menunjukkan pencapaian tujuan pembelajaran. |
Ö |
|
|
Saya merancang
rubrik penilaian yang jelas dan terukur untuk setiap jenis bukti kinerja. |
Ö |
|
|
Saya merancang asesmen berdasarkan tujuan
pembelajaran yang akan
dicapai. |
Ö |
|
|
Saya merancang asesmen formatif untuk mengukur capaian
pembelajaran yang berkelanjutan selama proses pembelajaran. |
Ö |
|
|
Saya mengembangkan instrumen penilaian autentik. |
Ö |
|
|
Saya mengumpulkan data asesmen untuk
mengetahui perkembangan
pencapaian peserta didik. Selanjutnya, dipergunakan sebagai dasar menentukan tindakan lanjutan. |
Ö |
|
|
Langkah 3. Merancang Kegiatan Pembelajaran |
|
||
Saya menentukan alur belajar berorientasi pada pencapaian tujuan
pembelajaran. |
Ö |
|
|
Saya mendesain aktivitas pembelajaran yang
mendorong peserta didik
untuk menjelajahi konsep
secara mendalam. |
Ö |
|
|
Saya memilih strategi pembelajaran yang
relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang terdapat pada asesmen. |
Ö |
|
Saya memilih
model/metode/pendekatan pembelajaran yang
relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran. |
Ö |
|
Saya mengembangkan aktivitas berdasarkan kebutuhan belajar peserta didik
untuk mencapai tujuan
pembelajaran. |
Ö |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran terintegrasi dengan konteks nyata. |
Ö |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran berdasarkan keragaman kemampuan awal peserta didik. |
Ö |
|
Saya mendesain aktivitas pembelajaran berbasis active learning. |
Ö |
|
Saya mengembangkan aktivitas pembelajaran untuk
mencapai konsep-konsep esensial. |
Ö |
|
Bagaimana kesimpulan Bapak/Ibu guru setelah mengisi
rubrik checklist? Berdasarkan rancangan
pembelajaran yang Bapak/Ibu guru miliki, pada poin berapa saja yang perlu diperbaiki?
"Saya telah merencankannya dengan sangat matang dari mulai tujuan sampai refleksi. Namun walaupun direncakan dengan sangat matang, tetap saja ada hal hal terjadi yang tidak terduga sehingga harus segera dievaluasi dan menjadi bahan refleksi diri terutama pada poin 3 sub poin 9 yaitu pembelajaran active learning. Karena tidak semua siswa aktif sehingga harus mencari cara ditengah pembelajaran bahkan hingga harus keluar dari runtutan rencana pembelajaran"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar