Melatih Kemampuan Master Of Ceremonial (MC)

 


Skill yang harus dilatih pada saat kamu ingin menjadi MC atau Pembawa Acara harus benar benar dikuasai atau terlatih. Karena kamu tidak mungkin akan terlihat profesional tanpa ada latihan. Sama pada saat kamu menjadi MC, karena MC merupakan Tuan Rumah dalam sebuah acara. Jadi kamu harus memastikan acara harus berjalan dengan lancar dan juga harus mampu menginformasikan kepada audiens maksud dan tujuan acara tersebut dilaksanakan dan tercapai sesuai dengan apa yang direncanakan.


Maka dari itu, kemampuan yang harus kamu asah pada saat ingin menjadi Pembawa Acara adalah :

1.    Public Sepaking

Seorang Pembawa Acara harus menguasai Public Speaking dengan baik karena menjadi pembawa acara membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik serta antusiasme yang positif sehingga audiens tertarik untuk mengarahkan pandangannya kepada kamu.

2.    Adaptasi

Menjadi seorang pembawa acara harus mampu beradaptasi secara cepat dengan audiens atau dengan lingkungan yang baru. Karena pembawa acara akan membawakan banyak jenis acara dari mulai seminar, event, ulang tahun, acara pernikahan, acara kegiatan sekolah, perlombaan dan lain sebagainya. Apapun jenis acaranya, seorang pembawa acara harus mampu secara cepat beradaptasi dengan lingkungan.

3.    Percaya Diri

Pembawa acara yang baik adalah pembawa acara yang percaya diri sehingga akan dengan mudah menonjolkan kepercayaan diri tersebut sehingga pada saat berbicara tidak terbatabata. Percaya atau tidak, kepercayaan diri yang baik merupakan awal yang baik pula agar mindset terbangun dengan baik pada saat diatas panggung. Terus berlatih adalah kuncinya dari mulai berbicara di depan cermin, penguasaan materi, persiapan yang matang dan merekam apa yang akan kamu bicarakan pada saat membawakan acara.

4.    Kreatif Dan Menghibur

Seorang pembawa acara harus memiliki pemikiran yang kreatif bahkan pada saat acara belum berlangsung. Karena bagaimanapun juga berbicara merupakan sebuah seni. Buatlah sesuatu agar audiens merasa nyaman melihat kamu berbicara di depannya.

5.    Manajemen Waktu

Tadi sudah disinggung bahwa pembawa acara adalah tuan rumah, hal ini tentunya harus tahu runtutan acara dari awal hingga akhir atau dikenal dengan rundown acara. Maka dari itu, manajemen waktu harus benar benar bisa dilakukan karena pengatur waktu akan tertumpu pada pemabawa acara. Dengan demikian, acara akan tersaji dengan baik dalam waktu yang sudah disediakan dengan tepat.

 


TUGAS !!!

Bagi kamu peserta LDKS, silahkan buat naskah susunan acara dari mulai Pembukan sampai Tutup.

Jenis acaranya bebas dan kamu bisa memilih tata bahasa sesuai dengan acara tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar